Minggu, 28 Juni 2015

Jenis dan Harga Batu Akik Bacan Terbaru

Jenis dan Harga Batu Akik Bacan Terbaru - Keindahan batu bacan kini sedang digemari oleh para kolektor pecinta batu, tidak hanya kolektor Indonesia, kolektor mancanegara seperti China dan Taiwan juga memburunya. Pada umumnya kolektor batu bacan membeli batu bacan yang sudah menjadi batu cincin maupun liontin atau juga membeli dalam bentuk bahan/bongkahan/rough karena mereka menginginkan untuk membuat sendiri kerajinan dari bahan batu bacan untuk dibentuk menjadi patung atau juga gelang dan dijual dinegara tersebut.

Dan yang lebih lucunya lagi, batu bacan asli Indonesia yang berada di luarnegeri di sertifikat tidak tertulis asli Indonesia melainkan ditulis berasal dari negara Taiwan atau China. Dua Negara tersebut sampai saat ini masih senang mengimport batu bacan dari Indonesia, akan tetapi semakin banyaknya peminat batu bacan, maka semakin sedikit bahan dengan kualitas bagus. Pada akhirnya dampaknya yaitu harga batu bacan menjadi mahal. Batu bacan mempunyai varian dan jenis yang banyak, berikut ini adalah beberapa spesies batu bacan dengan harga yang termahal dan berkualitas bagus.

1. Batu Bacan Doko Kualitas Super
Batu bacan doko saat ini memang sedang naik daun, pasalnya batu ini memiliki keistimewaan sendiri dimana batu bacan doko dapat berubah warna dan terproses hingga menjadi kristal yang sangat indah jika dibuat batu cincin maupun liontin. harga batu bacan doko terbaru saat ini masih sangat mahal, apalagi jika sudah mengkristal bisa jadi harganya sampai ratusan juta rupiah. Treatment atau merawat batu bacan doko sangat mudah dilakukan, yaitu hanya dengan menggosok pelan dengan menggunakan tisu dan dijemur pada pagi hari. Yang paling penting yaitu sering dipakai, karena batu bacan doko akan terkena suhu badan kita dan batu bacan doko lama-kelamaan akan berubah warna dan mengkristal.

Harga batu bacan doko kualitas super terbaru
Batu Bacan Doko
2. Batu Bacan Palamea
Semakin tua batu bacan, semakin bagus warna dan mengkristal, tidak heran jika batu bacan dapat berubah warna itu karena proses kristalisasi pada batu tersebut. Jika dilihat, batu bacan memiliki struktur serat batu yang padat dimana serat batu tersebut lama-kelamaan akan berubah menjadi kristal yang semakin mempesona. Batu bacan sebelumnya sudah saya bahas diatas yaitu bacan doko, dimana batu bacan doko yang sedang diburu oleh kolektor karena keindahan warna dan kristalnya yaitu berwarna hijau cincau. Maka dari itu batu tersebut sering disebut juga dengan batu bacan doko hijau cincau karena warnanya yang hijau tua dan hijau bening.

Harga batu bacan Palamea kualitas super terbaru
Batu Bacan Palamea
Proses perubahan batu bacan menjadi kristal berlangsung cepat yaitu sekitar 3-5 bulan yaitu warna dari gelap menjadi lebih terang. Ciri-ciri batu bacan palamea adalah dari asalnya pun sudah berbeda yaitu batu ini ditemukan di daerah Palamea jadi nama tersebut menjadi batu bacan palamea, warnanya berbeda dengan batu bacan doko, struktur warna pada bacan doko adalah hijau kebiruan dan jika dibandingkan proses pengkristalannya, batu bacan palamea lebih lama dibanding dengan batu bacan doko. Harga batu bacan palamea saat ini masih stabil dipasar batu nasional. Banyak dari jenis batu ini di eksport keluar negeri maka dari itu lama kelamaan batu ini menjadi langka dan berdampak pada harga yang menjadi lebih mahal.

3. Batu Bacan Obi
Jenis yang lain dari batu akik bacan adalah batu bacan obi. Batu bacan obi sekarang ini banyak ditemukan didaerah seperti Jakarta, jadi jika anda ingin berburu batu bacan obi tidak usah jauh-jauh ke Ternate. Wisatawan asing juga senang membeli batu khas pulau Maluku Utara tersebut, karena keindahan warna batu bacan obi ini terkenal sampai Nusantara bahkan Mancanegara. Keunggulan batu bacan obi dengan batu bacan yang lain adalah adanya varian warna seperti merah, hijau, kuning Kristal sampai orange. Selain dari hal warna, batu bacan obi ini tergolong batu yang sangat keras dibandingkan dengan batu bacan doko dan palamea, dan juga jenis obi yang sekarang ini sedang diburu adalah jenis batu bacan king obi dimana batu ini terdapat unsur beragam warna dari satu bongkahan. Karena proses dan banyaknya unsur mineral pada batu bacan king obi ini jadi ketika terkena sinar maka akan timbul setidaknya tiga warna yang indah dilihat.

Harga batu bacan king obi kualitas super terbaru
Batu Bacan Obi
Demikianlah 3 batu bacan yang berkualitas yaitu batu bacan doko, batu bacan palamea dan batu bacan obi dimana dari ketiganya tersebut mengeluarkan keindahannya dari corak serta warnanya. harga batu bacan kualitas super terbaru saat ini masih stabil dan belum ada penurunan yang signifikan.
(Baca:Keunikan Motif Batu Bulu Macan)

Jenis dan Harga Batu Akik Bacan Terbaru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ok

0 komentar:

Posting Komentar